Analisis Kinerja Pegawai Pada Kantor Distrik Kais Darat Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat

Joseph Eliza Lopulalan

Abstract

Kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah di berbagai lini pemerintahan sangat bergantung pada revitalisasi manajemen birokrasi dan sumber daya aparatur pemerintahan. Namun kendala terbesar yang mempengaruhi kinerja aparatur pemerintahan di daerah adalah sumber daya manusia yang dipekerjakan dan ketersediaan sarana prasarana pelayanan publik. Sumber daya manusia dalam pemerintahan merujuk pada kesiapan dan kapabilitas pegawai pemerintahan dalam menjalankan tugas pelayanan publik yang terkolaborasi dengan ketersediaan sarana prasarana pelayanan publik. Kedua aspek ini menjadi penentu kualitas pelayanan publik yang dipresentasikan instansi pemerintahan. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa kinerja pegawai pemerintah daerah, dengan lokasi penelitian yang dipilih adalah Kantor Distrik Kais Darat Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat sebagai bagian dari pemerintahan daerah yang memenuhi karakteristik instansi pemerintah dengan dua aspek yang menjadi objek penelitian. Penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan pemilihan sampel secara purpossive dan obserwasi, wawancara serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari analisa terhadap kualitas hasil pekerjaan, kuantitas hasil pekerjaan, aspek penyesuaian diri pegawai dengan lingkungan kerja dan pekerjaannya, dan pengetahuan pegawai, Kinerja Pegawai pada Kantor Distrik Kais Darat Kabupaten Sorong Selatan dinilai baik. Namun ditinjau dari aspek kedisiplinan pegawai, Kinerja Pegawai pada Kantor Distrik Kais Darat Kabupaten Sorong Selatan dinilai kurang baik. Akan tetapiĀ  performa kerja atau kinerja keselurahn yang ditampilkan oleh Pegawai pada Kantor Distrik Kais Darat Kabupaten Sorong Selatan disimpulkan berada pada tingkatan baik sebagai hasil dari kerjasama yang baik diantara pegawai dengan menutupi kekurangan organisasi yang dimiliki dengan memaksimalkan sumber daya atau keunggulan yang dimiliki.

Keywords

kinerja pegawai; pelayanan publik

Full Text:

PDF

References

Agus Tulus Muhammad, Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Keempat, Penerbit Masagung, Jakarta 1994

Anwar Prabu Mangkunegara, Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan, Remaja Rosda Karya, Bandung 2000.

_______, Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan, Remaja Rosda Karya, Bandung 2005.

Cantika, Yuli, Manajemen Sunber Daya Manusia, Penerbit Universitas Muhammaadiyah,Malang.2005,

Has, Moenir, Manajemen Pelayanan Umum Indonesia, Bumi Aksara, 1992

I Nyoman Surna. Pengembangan Diri. Jakarta. 2000.

Kanz, Bernard, Bagaimana Memasarkan Jasa Profesional I, Penerbit Pustaka Binaan Perssindo, Jakarta, 1998

Manulang, Manajemen Sumber Daya Manusia, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1996

Martin, PhD, Pelayanan Pelanggan Bermutu, Bina Rupa Aksara, Jakarta, 1991

Miftah, Thoha, Prilaku Organisasi, Penerbit Alumni Banadung, 1998

Minardi, Azaz-Azaz Manajemen, Edisi Ke 7, Penerbit Alumni Bandung, 1998

Racky Achmad , Sistem Manajemen Kinerja, Gramedia, Jakarta, 2001

Ramdall, S. Susan, E., Manajemen Sumber Daya Manusia, Menghadapi Abad Ke 21, Edisi Keenam Jilid 2, Penerbit Earlangga, Jakarta, 1997

Sastro Hardiwiryo Siswanto, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Penerbit Bumi

Aksara, Jakarta, 1993

Sedarmayanti, Sumber daya Manusia dan Produktiv Kerja, Mundur Maju, Bandung, 2001

Siagan, Sondang P. Teori Motivasi dan Aplikasinya, Penerbit Bina Aksara, Jakarta

Siamamora, Hendry, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi Relive, Penerbit

Ghalia Indonesia, Jakarta, 1990

Sianipar, J.PG, Manajemen Pelayanan Masyarakat, LAN-RI, edisi 2, Jakarta,1999

Sinungan, Muchdarsyah. 2003. Produktivitas Apa Dan Bagaimana. Jakarta. Bumi

Aksara.

Tjiptono, Fandy, Total Quality Service, Cetakan Pertama, Andi, Yogyakarta, 1996

Article Metrics

Abstract view : 435 times
PDF downloaded : 462 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.